Budidaya yang Paling Mudah Dilakukan oleh Pemula

Saat ini minat masyarakat pada bidang agribisnis semakin meningkat. Namun sayangnya, tren positif ini tidak dibarengi dengan niat kuat untuk belajar. Karena basik pertanian dan skill dalam bidang ini sangat berguna bagi anda yang berkeinginan terjun pada bidang ini.

Kelihatannya saja mudah, namun ketika sudah memulainya, anda dituntut untuk paham mengenai jenisn tanaman, karakteristik tanah, pupuk yag baik, bibit man yang berkualitas dana lain sebagainya. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kini banyak sekali buku yang bertemakan pertanian. Juga di media elektronik, telah banyak bertebaran artikel yang edukatif.

6 Budidaya yang Paling MudahDilakukan Oleh Pemula

  1. Budidaya sayuran organik

Budidaya sayuran seperti sawi, kangkung, bayam, bawang putih dan sebagainya adalah salah satu cara yang paling mudah dilakukan oleh anda yang masih awam dan baru memulai bercocok tanam. Pasalnya, tanaman-tanaman tersebut anti-gagal. hanya saja anda perlu telaten merawat tanaman sayur anda karena tanaman organik rentan akan serangan hama ulat.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel tentang cara menanam bawang putih, yang perlu anda lakukan adalah membersihkan rumput, ulat dan bercak putih yang menempel pada tanaman anda. Dengan demikian, selain anda dapat menyalurkan hobi sekaligus menghemat uang belanja sayur. Menarik bukan?

  1. Budidaya Jamur

Budidaya jamur dapat dilakukan oleh anda yang berlengalaman maupun pemula. Budidaya jamur kuping dan jamur tiram kini cukup diminati oleh masyarakat. Selain perawatan yang mudah, ternyata hasil panen cukup menguntungkan.

Anda hanya perlu menyiapkan tempat yang lembab dan gelap. Tidak prrlu luas, asal memenuhi dua syarat tersebut sudahlah cukup.

  1. Budidaya Lidah Buaya atau aloevera

Tanaman yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk kesehatan ternyata juga bermanfaat bagi kecantikan. Segudang manfaat dari tumbuhan bernama latin Aloevera ini bahkan sempat viral di media sosial. Untuk itu, anda bisa manfaatkan peluang tersebut dengan membudidayakan tanaman lidah buaya ini.

Selain anda dapat menjualnya langsng, anda dapat pula mengolahnya sebagai berbagai produk. Baik produk maknan, minuman maupun produk skincare.

  1. Budidaya tanaman hias

Belakangan pembudidayaaa tanaman hias memang sempat redup. Namun tidak ada salahnya anda mencoba membudidayakan tanaman hias berbunga maupun tanpa bunga. Adapun tanaman hias berbunga tenti saja seperti mawar, anggrek, dan sebagainya. Sedangkan tanaman tak berbunga seperti halnya bonsai, cemara perak dan sebagainya.

Fungsi keduanya sama, yaitu sebagai pemanis ruangan dan memberi kesan asri pada suatu hunian.

  1. Budidaya Buah Lokal

Pembudidayaan buah-buahan lokal juga dapat menjadi alternatif. Anda bisa bereksperimen, melakukan stek ataupun cangkok pada pohon-pohon buah di sekitar rumah abda. Meski hasilnya tak instan dan perlu waktu cukup lama. Namun dapat mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat dikemudian hari.

  1. Budidaya Buah Naga

Yang terakhir, anda bisa mencoba budidaya buah naga. Buah ini cukup digemari karena rasanya yang segar, manis cenderung asam. Buah ini memiliki dua jenis. Buah naga merah dan putih. Rasanya hampir mirip. Anda hanya perlu memotong tangkai tanaman buah naga yang pernah berbuah agar dalam jangka waktu kurang dari tiga tahun tanaman sudah berbuah.

Anda hanya perlu menyandarkan potongan tangkai buah naga pada tiang buatan. Pastikan anda mengikat mereka agar akar yang tumbuh mencengkeram kokoh dan tidak miring. Dengan sendirinya, tanaman buah naga akan tumbuh tinggi dan mulai berbuah. Jangan lupa untuk memberikan pemupukan dan penyiraman secara teratur.

Tags: